Bare Republic Mineral Sunscreen Lotion in Tinted Review : Mineral Suncreen Tanpa Kekurangan?

November 07, 2019

Sekarang dengan semakin pedulinya orang terhadap kesehatan dan perawatn kulit, tidak bisa dipungkiri bahwa sunscreen / tabir surya sudah menajdi suatu kebutuhan sehari-hari. Apalagi untuk berhadapan dengan UV A dan UV B yang dapat menyebabkan penuaan dini, keriput halus, flek-flek hitam, serta kanker kulit bila dipaparkan dalam keadaan yang lama dan jangka panjang. 

Karena itu dengan banyaknya yang mulai sadar dan memakai sunscreen, maka semakin banyak lah tuntutan ntuk membuat sunscreen dengan daya proteksi yang tinggi terhadap UV A dan UV B dengan pengaplikasian yang nyaman di kulit dan kemudahan reapply tiap 2-3 jam. Sehingga terciptalah sunscreen dengan berbagai macam variasi, dari SPF 15 sampai SPF 100, dengan PA+ sampai ++++, berbentuk krim, powder, stick, spray, dan bentuk apa pun yang membuat masyarakat tidak jenuh dan memudahkan aplikasinya, serta bila diperlukan, kemudahan dalam reapply juga masuk perhitungan. 

Selain itu, ada kekhawatiran lain, banyak yang mengklaim bahwa sunscreen yang bekerja secara "kimia" dapat masuk ke dalam peredaran darah, dan juga ketika di pakai untuk bersenang-senang di pantai, dapat luntur dan mencemari laut. Pencemaran inilah yang akan membuat kesehatan terumbu karang terganggu (coral bleaching). Walaupun belum bisa dipastikan kebenarannya, tetapi banyak yang masih ragu dan lebih memilih untuk memakai sunscreen berbahan dasar mineral (Zinc oxide dan Titanium oxide) sebagai Holy grailnya. 

Kalau menurutku sih, nggak masalah selama memang belum ada bukti yang empiris mengenai pencemaran laut dan bahayanya sunscreen "kimia" dalam pembuluh darah. Toh yang penting terlindungi dulu dari sinar matahari yang memang sudah terbukti dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit. Jadi gak usah war ya.

Kenapa aku pilih ini? Karena aku mau nyoba, gimana sih rasanya sunscreen mineral? Banyak yang bilang whitecast dll, jadi aku memilih mencoba sunscreen dari Bare Republic SPF 30 dalam varian Tinted, alias berwarna, ngga putih polos. Aku sudah mencoba ini selama 3 bulanan sebelum aku akhirnya menulis review ini.



1. Packaging

Packagingnya berupa tube yang dilindungi oleh box dengan warna senada. Warnanya mengingatkanku pada unicorn, dengan warna warni yang cerah dan dasar putih. Benar-benar berasa seperti di pantai, karena kebawa iklannya juga yang banyak digunakan untuk ke pantai. Tubenya ga berkesan murahan benar-benar enak buat dilihat dan dipamerin ke temen-temen. Reapply di tengah-tengah temen yang kepo emang menyenangkan. Hehehe.

2. Texture & Scent

Teksturnya, lembut sekali, semacam whipped cream, tapi dengan rasa-rasa primer karena mengandung silikon. Jadi rasanya mirip-mirip dengan Emina Pore Ranger, cuma lebih creamy jadi lebih melembabkan. Kalau masalah bau, dia ngga mengandung fragrance apapun, yang mana aku suka, karena artinya brand ini tetep peduli dengan customernya yang memiliki kulit yang sensitif, jadi tetap bisa dipakai oleh semua jenis kulit. Kecuali kalau ada alergi dengan komposisinya ya.



Spreadable banget, warnanya langsung menyatu dengan kulit


3. Ingredients

Aktif : 
Titanium Dioxide- 5.2% Zinc Oxide- 2.5%
Inaktif : 
Aluminum Hydroxide, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Cyclopentasiloxane, Daucus Carota Sativa (Carrot) Seed Oil, Dimethicone Crosspolymer, Glycerin, Hydrogen Dimethicone, Iron Oxides, Isopropyl Myristate, Isopropyl Titanium Triisostearate, Mica, Polyamide-5, Polysilicone-11, Propylene Carbonate, Rubus Idaeus (Raspberry) Seed Oil, Silica Silylate, Stearalkonium Hectorite, Synthetic Wax, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil 

Bahan yang aktif di sini adalah bahan yang memiliki kemampuan untuk menyaring sinar UV yang terpapar ke kulit kita, sedangkan yang inaktif adalah bahan yang digunakan untuk membantu suatu formulasi sunscreen tersebut untuk mendapatkan tekstur serta efek yang diharapkan.

Kalau kulihat, silikon ada di bagian atas komposisi ini. Pantas rasanya benar-benar mirip primer. Selain itu, bisa dilihat kalau sunscreen ini mengandung banyak oil yang terkenal dengan efek antioksidannya, sebut saja Carrot seed oil, Raspberry seed oil, dan Grape seed oil. Karena memang selain sunscreen untuk memfilter sinar UV yang masuk, tambahan antioksidan pun termasuk masuk akal, karena di aktivitas-aktivitas kita, terutama ketika siang hari, banyak radikal bebas dan polusi yang menyambut kita, sehingga kulit pun perlu dibekali dengan antioksidan yang cukup untuk melawan efek-efek buruk radikal bebas terhadap kulit.



4. How to Use

Sebelum dipakai, harus dikocok terlebih dahulu untuk menghomogenkan kandungan sunscreen yang kita pakai. Sebaiknya sunscreen dibiarkan selama 15 menit sebelum kita beraktivitas keluar, untuk memastikan sunscreen sudah mengering dan membantuk lapisan merata di atas kulit. jangan lupa reapply tiap 2 jam. Produk ini merekomendasikan reapply tiap 40 menit sekali kalau berkeringat atau berenang. Kalau aku sih makenya sebanyak 2 ruas jari.

5. Love / Hate

Aku memakai ini selain untuk sunscreen, tetapi sekaligus juga sebagai primer. Warnanya yang tinted tidak punya shade lain jadi cuma ada 1 macam saja, yaitu buat yang kulitnya cerah atau setidaknya medium skin tone. Kalau untuk masalah mineral sunscreen pada umumnya, yaitu white cast, aku ngga berasa sama sekali! Mungkin karena ini tinted kali ya? Jadi yang aku liat di cermin itu cuma sekedar MSBB (My Skin But Better), warna kulit pun keangkat, jadi seperti tone up cream di mukaku. Bagusnya lagi, aku nggak perlu pakai bedak untuk ngeset sunscreen ini karena emang finishnya matte, yang bagus banget. Walaupun kalau sudah 4 jam tanpa reapply sudah mulai keliatan dewy di bangian hidung dan pipi, tetapi ngga mengganggu sama sekali, malah keliatan lebih "glow" gitu (kadang lupa reapply, hehe). 

Kalau yang aku kurang suka dari sunscreen ini, dia membutuhkan waktu yang agak lama sebelum akhirnya kering dan melapisi kulit wajah secara merata. Selain itu oke sih, kadang aku nggak pakai pelembab lagi kalau sudah pake sunscreen ini. Menurutku ini cocok lah kalau buat skincare routine yang lagi mager, karena bisa menggantikan moisturizer (karena mukaku oily jadi sudah cukup lembab menurutku) dan aku merasa ngga perlu lagi pakai bedak.

Tetapi jangan lupa, sunscreen untuk badan dan untuk wajah sama pentingnya. Ngga mau kan kalau muka masih kencang mempesona tapi tangan kaki dan leher mulai keriput? Mulai pakai sunscreen dari sekarang ya!

6. Status

Yes/No
Yes Yes Yes!
Rating
5/5 (Cocok lah pokoknya!)
Repurchase
Of course yes! Tetapi harganya lumayan, jadi cuman kupake kalau lg males skincare banyak-banyak aja, karena aku takut kalau ini habis :( Secinta itu! hahaha
Sponsored/Gifted 
Nope. Purchased it on my own. Meskipun sponsored/gifted, percayalah, aku objektif dan transparan dengan reviewku

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like Me on Facebook

Instagram

Subscribe